HIMBAUAN DPP HILLSI TERKAIT PELATIHAN ONLINE KARTU PRAKERJA

created by admin at 2020-04-30 04:49:00

Kepada Seluruh Pimpinan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Seluruh Indonesia..

____________________________________

Bahwa DPP HILLSI merasakan betul kerisauan dan kegamangan Serta Kesulitan utk bisa menjadi Mitra Prakerja dalam Melaksanakan Pelatihan Online yang mmg menjadi Keprihatinan Kita bersama. Sejak Awal April DPP HILLSI telah Membahas hal ini dengan Ketua DPD HILLSI beberapa kali sampai akhirnya berkirim Surat ke : PMO Kartu PraKerja, Kemenko Perekonomian RI, KEMNAKER RI, Tertanggal 13 April.

Pada tanggal 14 April HILLSI mendapatkan Panduan KEMNAKER terkait syarat LPK menjadi Mitra Prakerja dimasa Covid19, dimana PMO menugaskan DITBINASTANKOMLATKER yang ditugasi Melakukan Kurasi ke LPK. Panduan Itu seperti sangat menyulitkan LPK dengan syarat yang dirasa berat. Ditambah lagi Rekening BNI Khusus Kartu PraKerja dengan keharusan AKTA Lembaga yang ter-update, NIB - OSS, Web dengan sistem kupon dan adanya online learning management system untuk Pelatihan Online. Bilapun semua syarat dipenuhi masih harus menunggu putusan final dari PMO.

Kita memahami kondisi bahwa perubahan ini karena memang di satu sisi hampir semua LPK belum memiliki konten video pelatihan online. Di sisi lain karena memang konsep dan fungsi awal kartu prakerja yg telah berubah menjadi semibansos JARING PENGAMAN SOSIAL Sehingga LPK yang berjibaku selama 10 tahun terakhir untuk bisa ter-akreditasi lewat VIN, instruktur ikut metodologi dan uji kompetensi, namun seolah-2 semuanya menjadi tidak penting dalam pelaksanaan kartu prakerja di masa Covid-19 ini...

DPP HILLSI berharap teman-2 Pimpinan LPK tetap sabar dan fokus serta yang terpenting adalah bersikap dengan cemat dan terus semangat. Untuk itu beberapa hal yang perlu dicermati adalah :

1. Implementasi kartu prakerja masih akan terus berlangsung sampai bulan November 2020 (masih Ada 6 bulan kedepan);

2. Setiap bulan, PMO hanya menerbitkan 660.000 kartu prakerja yg lolos dan memiliki saldo pelatihan online;

)Artinya sejauh ini baru ada sekitar 165.000 org pemegang kartu prakerja yg lolos kurasi PMO. Sampai bulan Mei ini selesai kurang lebih ada 825.000 org pemegang kartu praKerja yg lolos dan memiliki saldo pelatihan online. Di awal Juni masih Ada 4.775.000 org calon penerima kartu prakerja. Artinya kita masih memiliki kesempatan melatih 4,8 Juta org lagi.

3. Paling utama adalah Pimpinan LPK segera memproduksi video pelatihan online selama bulan Mei ini. Setidaknya Setiap LPK memilki 4 paket pelatihan online, dimana masing-2 paket pelatihan online ada 4 sampai dengan 5 video pelatihan online yg siap di unggah pada awal Juni nanti. Sebab, bila tanpa konten video pelatihan online maka sampai kapanpun LPK Kita tidak akan disetujui utk jadi mitra prakerja selama masa Covid19. Kita berharap Covid19 berakhir di Mei, supaya bulan Juni bisa kembali melaksanakan pelatihan kartu prakerja secara offline tatap muka. Ada baiknya kita tetap sabar dan fokus utk memproduksi video pelatihan online selama bulan Mei ini.

4. Ijinkan DPP HILLSI terus bergerak utk mengusahakan kemudahan LPK yg memiliki VIN dan telah teregister di HILLSInergi agar dimudahkan dan dijadikan mitra prakerja secepatnya di bulan Juni utk ikut serta melayani pelatihan online utk 4,8 Juta pemegang kartu prakerja di bulan Juni sampai dengan November 2020.

5. Tetap sabar dan fokus utk memproduksi video pelatihan online supaya bulan Juni kita semua bisa meng-upload video pelatihan online web yang memiliki sistem kupon dan memiliki OLMS untuk kemudian DPP HILLSI akan mengusahakan LPK semua menjadi mitra prakerja. Aamiin.

Jakarta, 26 April 2020

_______________________

Dewan Pimpinan Pusat

*Himpunan Lembaga Pelatihan Seluruh Indonesia*

Amir Bakriyadi

Ketua Umum

Bantuan

FAQ

Email Us

Whatsapp Us